Sebelum Test Pahami Apa Itu GMAT dan Kegunaanya Disini

apa itu gmat

Apa Itu GMAT – Untuk anda yang ingin kuliah ke luar negeri pasti sudah pernah mendengar beberapa jenis test sebagai persyaratan untuk bisa apply di universitas piliha, paling umum adalah TOEFL, IELTS, TOEIC, dan salah satunya juga adalah GMAT.

Namun sebelumnya apakah anda sudah paham apa itu GMAT? Dan test GMAT diperuntukkan untuk pilihan studi apa dan dinegara mana saja? Pada artikel kali ini, akan kami jelasakan secara rinci apa itu GMAT, dan siapa saja yang harusnya mengikuti test GMAT.

Apa itu GMAT?

GMAT adalah singkatan dari Graduate Management Admition Test, yang artinya GMAT adalah test penyetaraan atau test untuk mengetahui kemampuan manajemen dari studi S1 untuk bisa dilanjutkan atau diterima di jurusan manajemen S2 atau magister.

Jadi sudah jelas bahwa yang seharusnya mengikuti test GMAT adalah mereka yang sudah lulus S1 dan ingin melanjutkan studi S2 jurusan manajemen.

Dan karena mata kuliah yang akan dipelajari adalah lanjutan dari S1, maka semua calon mahasiswa diharapkan sudah menyetarakan ilmunya dengan S1 manajemen baik itu dari jurusan yang linier maupun non linier.

Baca Juga: Tips Membuat Interior Fungsionalis

Negara yang mewajibkan GMAT ini adalah Amerika dan Australia, walaupun sebenarnya beberapa negara di Asia dan Eropa juga sudah ada beberapa yang mewajibkan test GMAT, namun pada umumnya belum mewajibkan test GMAT, dan itu bisa anda cari tahu di informasi penerimaan mahasiswa baru di situs universitas yang ingin anda tuju.

Apa Yang Diujikan Pada Test GMAT?

gmat tes

 

Pada test GMAT yang diujikan terbagi dari 4 bagian yaitu :

1. Quantitative

Pada sesi ini yang akan diujikan adala kemampuan anda untuk memahami dan menganalisa data, dan membuat kesimpulan dari data. Jadi sebaiknya pada sesi ini anda lebih memperkuat belajar matematika dasar dan statistik.

2. Verbal

Pada sesi verbal juga sebernarnya lebih ke menyimak dan menganalisa, namun bedanya pada test ini akan dibacakan teks, dan anda akan menyimak secara verbal. Untuk sesi ini anda dituntut untuk bisa mendengar dengan baik teks yang dibacakan lalu menjawab pertanyaan sesuai dengan teks.

3. Intergrated Reasoning

Sesuai namanya Intergrated Reasoning. pada test ini anda semakin ditantang lagi dalam memahami dan mengevaluasi data yang ada. Dan anda dituntut untuk bisa menyampaikan pendapat yang logika dan berkesinambungan sesai dengan pokok permasalahan.

4. Analytic Writing

Pada test ini juga anda akan memahami satu permasalahan manajemen, dan memberikan solusi untuk permasalahan, namun dalam bentuk tulisan.

Kapan Dan Dimana Test GMAT Dilaksanakan ?

Walupun testnya adalah untuk test kuliah S2 jurusan manajemen ke luar negeri, yaitu untuk Amerika dan Australia, anda tidak harus mengikuti test GMAT di Amerika atau Australia, karena di Indonesia tersedia berbagai macam tempat yang sesuai seperti British Council sebagai penyelenggara test GMAT yang berlaku secara internasional, dan test GMAT hanya dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun. Untuk itu cari tahu jadwal dan mendaftar untuk test GMAT.

Untuk kota pelakasaan test GMAT, tidak hanya di Jakarta, tetapi dikota-kota besar di Indonesia, jadi cari lokasi ujian yang terkedekat dengan tempat anda berdomisili, supaaya tidak perlu mengeluarkan biaya transport dan biaya lainnya untuk test, terkecuali biaya pendaftaran test GMAT.

Sekian untuk artikel apa itu GMAT dan apa kegunaanya dan juga kapan dan dimana bisa melaksanakan test GMAT. Semoga bermanfaat dan anda bisa memahami apa itu GMAT dengan baik dan benar.