Dispenser Bersih Kuman Pergi

Banyak dari kita yang lalai dengan kebersihan dispenser. Dengan santainya kita mengganti air galon terus menerus. Padahal, dispenser bisa jadi sarang kuman. Saat kita akan mengganti galon, sering kita lalai bahwa di dalam dispenser masih tersisa sedikit air dan itulah salah satu penyebab munculnya bakteri di dalamnya.

Maka sebaiknya ketika mengganti galon, dispenser harus benar-benar dalam keadaan kering. Bagian terpenting yang harus dilap terlebih dahulu adalah bagian leher dan kepala galon, serta bagian dalam dispenser menggunakan tisu yang biasanya kita dapat setelah kita membeli galon. Tisu tersebut dibuat khusus dengan kandungan alkohol yang dapat membunuh kuman bakteri. Dispenser kini menjadi peralatan elektronik yang dimiliki oleh setiap rumah. Alat ini memudahkan kita untuk mendapatkan air panas dan dingin secara cepat dan praktis.

Anda tidak perlu lagi repot merebus air jika menginginkan air panas, atau memasukkan air dalam kulkas dan menunggu hingga dingin sebelum diminum. Namun jangan lupa, dispenser juga sangat berkaitan dengan kesehatan tubuh kita. Air yang akan kita minum akan diam dan kemudian mengalir melalui dispenser. Maka, penting untuk menjaga dan membersihkan dispenser secara rutin. Dispenser yang kotor dapat menjadi tempat kembang biak bakteri. Di sini kami menggunakan contoh dispenser West Point Water Dispenser Tipe WP 60/60 yang memiliki dua termos, yakni termos air panas dan termos air dingin. Berikut caranya.

1. Bukalah tutup saluran air pembuangan yang berada di bagian belakang. Pada tipe dispenser ini, saluran pembuangan terhubung dengan termos air panas. Air yang tertinggal di dalam termos lama kelamaan akan berbau sehingga pastikan bahwa air dalam termos benar-benar habis dan kosong.

2. Kemudian buka dudukan galon (penutup bagian atas dispenser).

3. Arena termos air dingin tidak terhubung dengan saluran pembuangan, termos ini harus dikuras dengan menggunakan spons busa sampai bersih supaya kotoran keluar semua, lalu siram dengan air bersih (bukan air keran).

4. Jika sudah bersih, lap bagian luar termos menggunakan tisu, pastikan dalam keadaan kering. Lalu pasang kembali dudukan galon, dan jangan lupa untuk menutup kembali saluran air bagian bawah.

5. Lalu sebelum galon kembali dipasang, lap bagian leher dan badan galon serta dudukan galon menggunakan tisu beralkohol.

6. Terakhir, pasang kembali galon. Ingat, sebelum dispenser disambungkan ke listrik, pastikan termos dalam dispenser sudah terisi air. Untuk mengetahui termos dalam dispenser sudah terisi atau belum, caranya dengan membuka keran air yang berwarna merah (atau keran air panas). Jika air sudah mengalir, berarti galon sudah siap digunakan.

PENTING! Ketika membuka bagian bawah saluran pembuangan, jangan lupa meletakkan wadah air, supaya airnya tidak tumpah ke mana-mana. Berhati-hati ketika membersihkan bagian dalam dispenser, jangan sampai air mengalir ke lantai. Jika air mengenai elemen, bisa terjadi kerusakan.

Agar dispenser tetap dapat digunakan untuk air panas maupun dingin ketika listrik sedang padam, tentunya dibutuhkan sebuah genset sebagai sumber listrik. Jika ingin membeli genset untuk rumah tangga dengan harga murah bisa membelinya di suplier genset silent 750 kva Jakarta.