3 Tips Membuat Interior Fungsionalis yang Nyaman

interior fungsionalis

Interior Fungsionalis – Untuk membuat interior desain memang bukanlah hal yang mudah seperti mengembalikan kedua telapak tanggan, karena diperlukan sebuah usaha dan waktu serta komitmen saat pengerjaanya.

Rumah ideal menurut Saya pribadi adalah rumah yang nyaman, bersih serta ruangan nya yang terlihat indah dan fungsional dalam arti kata memiliki fungsi maupun perannya tersendiri, sehingga jika Anda ingin membangun rumah baru mintalah sesuai dengan kebutuhan dengan gaya Anda sendiri.

Ada banyak desain rumah yang bisa Anda lihat di berbagai macam website seperti di Arskal Interior dan juga Anda dapat melihatnya di Pinterest karena ada banyak pilihan model dan desain yang dapat memanjakan mata Anda sehingga banyak orang yang terinspirasi setelah melihat desainnya.

Selain desain rumah maupun ruangan Anda juga bisa melihat berbagai macam furniture seperti sofa, bangku, meja, tempat tidur maupun furniture lainnya yang nantinya akan Anda beli untuk mengisi kekosongan rumah baru Anda

Apakah Fungsionalis Dalam Interior Itu?

Penting untuk selalu mengingat bahwa desain dan fungsionalitas adalah konsep yang saling terkait dan tidak dapat dipisahkan, karena kombinasi dua hal ini didasari oleh rutinitas Anda sehari-hari yang terjadi di dalam ruangan.

Sedangkan pengertian interior fungsional adalah ruang di mana Anda dapat dengan nyaman melakukan kegiatan yang paling signifikan.

Desain interior dapat dibandingkan dengan menggunakan peralatan kantor seperti printer all-in-one yang menggabungkan 3 fungsi dalam satu benda. Jadi, alih-alih memiliki 3 perangkat berbeda, Anda hanya memiliki satu yang perangkat yang dapat melakukan semua yang Anda butuhkan.

Dengan mengingat hal itu, interior fungsional berarti Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup, area fungsional untuk menyetrika pakaian, sehingga setiap pintu dan kabinet akan terbuka dengan bebas, dan Anda dapat berjalan di apartement ataupun rumah yang berukuran kecil tanpa menyenggol barang-barang.

Jadi bisa dikatakan bahwa interior fungsional adalah ketika Kita melakukan berbagai macam kegiatan di dalam rumah maka Kita akan sangat nyaman dan tanpa adanya ganguan dari sempitnya ruangan atau furniture.

Contohnya saja, Anda dapat dengan mudah memasak makan malam untuk 5 orang, mencuci pakaian atau membaca buku baru. Interior fungsional memberi Anda ruang untuk melakukan gerakan bebas.

Tentu saja, jika Anda memiliki rumah besar dengan ruang terbuka yang besar, maka interior fungsional dapat dengan mudah dicapai, akan tetapi jika misalkan Anda tinggal di apartemen berukuran kecil maka, hal itu bukan sangatlah sulit akan tetapi Anda bisa menggunakan jasa interior berpengalaman untuk melakukan hal tersebut.

3 Tips Membuat Interior Fungsional yang Nyaman

interior fungsionalis rumah

  1. Ketahui Rutinitas Harian

Tips pertama dari Saya adalah menuliskan rutinitas harian Anda untuk hari kerja dan akhir pekan dan tentukan semua tindakan yang Anda asumsikan akan dilakukan di dalam ruangan.

Saya percaya hal ini adalah langkah mendasar yang tanpanya perencanaan desain lainnya tidak ada gunanya. Tujuan nya adalah menciptakan lebih banyak fungsi di satu area dan memaksimalkan ruang yang tersedia.

  1. Membuat Denah Lantai

Tahukah Anda bahwa ternyata membuat denah lantai adalah langkah penting yang perlu Anda lakukan, karena denah lantai akan membantu Anda memperhatikan fitur tata letak sebuah furniture yang nantinya akan diletakan.

Misalnya, jika anda ingin mengubah lokasi kamar tidur Anda dan menggabungkan dengan ruangan membaca, maka akan mempermudah Anda ketika memindahi furniturenya dan Anda tak perlu repot-repot untuk mengukurnya kembali.

  1. Ruang Permukaan Rumah

Banyak orang yang terobsesi dengan furniture dan desain interior yang keren akan tetapi seringkali mereka salah membeli furniturenya atau salah akan desainnya karena tidak meyesuaikan dengan keadaan rumah.

Karena kita berbicara tentang fungsionalitas, sistem penyimpanan adalah topik penting berikutnya. Lemari tinggi, lemari laci, lemari pakaian akan membantu kita menggunakan ketinggian maksimal ruangan dan secara signifikan membebaskan area permukaan dari kotak-kotak tambahan yang tidak perlu di lantai.

Sekianlah pembahasan mengenai 3 tips membuat interior ruangan secara fungsional dan semoga saja artikel diatas dapat bermanfaat.